SILSILAH TAROMBO MARGA SIREGAR.

TOGA SIREGAR`







Horas MARGA SIREGAR beserta boru dan bere semuanya.

Kita semua keturunan OMPU TOGA SIREGAR sudah begitu banyak menyebar kesegala penjuru. Mulai dari Muara, Tapanuli Utara telah berpencar ke utara, selatan, barat dan timur dengan berbagai  macam profesi masing-masing. Namun kita tetap SATU, tidak akan terpisahkan, karena kita berasal dari satu orang yaitu ompu kita TOGA SIREGAR.

Ompu kita Toga Siregar mempunyai empat orang putra yakni SILO, DONGORAN, SILALI dan SIAGIAN. Itulah sebabnya diantara kita menyebut marganya dengan sebutan SIREGAR SILO, SIREGAR DONGORAN, SIREGAR SILALI dan SIREGAR SIAGIAN.
Namun dikemudian hari muncul lagi penyebutan Siregar kita ini, bahkan sebagian kita sudah membuat itu semacam marga baru selain marga Siregar, misal, SILO, DONGORAN, RITONGA, SIGURDA, PAHU, SORMIN, BAUMI, SIAGIAN, SIANGGIAN dll. Terbukti diberbagai data identitas misal KTP, SIM sudah banyak memakai nama-nama itu sebagai marga selain SIREGAR.

Tapi biarlah tidak apa-apa, yang utama kita tahu bahwa kita berasal dari ompu kita yang hanya seorang itu, itulah TOGA SIREGAR sebagai anak bungsu dari RAJA LOTTUNG.

TOGA SIREGAR punya putra 1.SILO yang menurunkan SIREGAR SILO, 2.DONGORAN yang menurunkan SIREGAR DONGORAN, 3.SILALI yang menurunkan SIREGAR SILALI dan 4.SIAGIAN yang menurunkan SIREGAR SIAGIAN.

BAUMI muncul dari keturunan RAJA TINAMBORAN di Marancar daerah Batangtoru. RAJA TINAMBORAN anak dari RAJA DAULAT SOMORONG anak dari RAJA HUNDUL anak dari RAJA ONDOP/RAJA ONTAK SABUNGAN anak dari MANGASA PINTOR anak dari SIJAMBE ULUBALANG anak dari DATU NASANGAP anak dari AMA TUAN DIHORBO anak dari OMPU TUAN DIHORBO anak dari SILO anak dari TOGA SIREGAR.

SORMIN muncul dari keturunan SIJAMBE ULUBALANG dan RAJA NAUBANON didaerah Pangaribuan. SIJAMBE ULUBALANG dan RAJA NAUBANON anak dari DATU NASANGAP anak dari AMA TUAN DIHORBO anak dari OMPU TUAN DIHORBO anak dari SILO anak dari TOGA SIREGAR.

SIGURDA muncul dari keturunan RAJA SIGURDA didaerah Padang Bolak, Batugana, Nagasaribu, Sipupus dll. RAJA SIGURDA anak dari TAKKULAPA NABARA anak dari SAHALA DATU anak dari DATU BARAGAS anak dari OMPU JUNJUNGAN anak dari SAHALA RAJA anak dari DONGORAN anak dari TOGA SIREGAR.

SALAK muncul dari keturunan JA ONGGANG di Baringin, Sipirok. JA ONGGANG anak dari SUTAN PARLINDUNGAN anak dari OMPU DORO anak dari OMPU PARLINDUNGAN anak dari OMPU PALTI RAJA anak dari DATU NAHURNUK anak dari OMPU JUNJUNGAN anak dari SAHALA RAJA anak dari DONGORAN anak dari TOGA SIREGAR.

PAHU muncul dari keturunan SIBONTAR MATA didaerah Hotang Sasa, Sababangunan (PORTIBI dan PADANG BOLAK) dll. SIBONTAR MATA anak dari JA MONANGIN anak dari GURU JUNJUNGAN, anak dari OMPU RAJA PALTI anak dari LAMBAT RAJA anak dari DATU PARULTOP anak dari OMPU JUNJUNGAN anak dari SAHALA RAJA anak dari DONGORAN anak dari TOGA SIREGAR.

SINJOMAN muncul dari keturunan NAMORA OMPU NI GODUNG didaerah Gulangan, Sinjoman.
NAMORA OMPU NI GODUNG anak dari OMPU PALTI RAJA anak dari DATU NAHURNUK anak dari OMPU JUNJUNGAN anak dari SAHALA RAJA anak dari DONGORAN anak dari TOGA SIREGAR.

RITONGA muncul dari keturunan PARISANGISANG HARBANGAN di Parsosoran, Garoga. PARISANGISANG HARBANGAN anak dari SILALI anak dari TOGA SIREGAR.

Sedangkan keturunan SIREGAR SIAGIAN sudah banyak juga yang mencantumkan marga SIAGIAN, padahal diluar keturunan Toga Siregar ada juga marga SIAGIAN yaitu dari keturunan TUAN DIBANGARNA, SUMBA. Dan selain mencantumkan marga SIAGIAN sebagian lagi mencantumkan marga SIANGGIAN. Padahal nama anak bungsu ompu kita bukan SIANGGIAN tapi SIAGIAN seperti tertulis di plakat tugu kita di Muara. SIAGIAN adalah namanya sedangkan SIANGGIAN artinya siadekan atau siampudan atau putra bungsu. Beliau memang sianggian/siampudan, tapi namanya bukan SIANGGIAN tapi SIAGIAN. Dan keturunannya marganya SIREGAR SIAGIAN.

Horas ma dihita saluhutna jala dame dibagasan holong.

SIREGAR BERSATU..


Dan disini kita Sedikit membahas dari keturunan SIJAMBE ULUBALANG dan RAJA NAUBANON didaerah Pangaribuan


TAROMBO GURU SOTADINGON SIREGAR SILO SORMIN.
TAMBAK/MAKAMNYA ADA DI HUTA TONGA, LUMBAN SORMIN, KEC. PANGARIBUAN, TAPUT.

I. TOGA SIREGAR punya putra :
1. Silo
2. Dongoran
3. Silali
4. Siagian

II. SILO punya putra :
1. Ompu Tuan Dihorbo
2. Silima Lombu
3. Tuan Nahoda
4. Datu Bira
5. Datu Mangambi Tua

III. OMPU TUAN DIHORBO punya putra :
1. Ama Tuan Dihorbo
2. Datu Natungiron

IV. AMA TUAN DIHORBO punya putra :
1. Datu Nasangap
2. Isang Sorbaon

V. DATU NASANGAP punya putra :
1. Sijambe Ulubalang
2. Raja Naubanon

VI. RAJA NAUBANON punya putra :
1. Raja Banua
2. Mangasa Raja
3. Ompu Tuan Sumar

VII. OMPU TUAN SUMAR punya putra :
1. Ompu Sairu
2. Raja Nadimpas Sitambok Nabegu
3. Tuan Silampuang

VIII. TUAN SILAMPUANG punya putra :
1. Ompu Raja Bumbunan
2. Ompu Raja Bornang

IX. OMPU RAJA BUMBUNAN punya putra :
1. Ompu Raja Parluhutan
2. Ompu Randung/Ompu Gurasta

X. OMPU RAJA PARLUHUTAN punya putra :
1. Guru Sotadingon

XI. GURU SOTADINGON punya putra :
1. Ompu Raja Parluhutan II
2. Ompu Gurasta II
3. Ompu Tangguam
4. Ompu Ambasang
5. Ompu Mardomu
6. Ompu Arirang
7. Ompu Bolsom.

SALAH DAN KURANGNYA MOHON SAMA KITA PERBAIKI.
HORAS..

Comments

  1. saya keturunan dari Si GURDA tapi saya tetap marga siregar...hehehe..

    ReplyDelete
  2. Sumber data seharusnya hasil dari penelitian. Disebutkan Siapa tokoh yang memberikan DATA TAROMBO atau STAMBOK (Silsilah Keturunan).
    Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment